Terpopuler!! Inilah wisata legenda yang paling terkenal

Banyak orang yang bertanya-tanya dan kebingungan ketika berkunjung ke beberapa tempat wisata di Indonesia. Mau itu wisatawan asing, bahkan warga indonesia nya sekalipun. Pasalnya, memang banyak tempat wisata yang memiliki larangan-larangan tertentu tentang suatu hal ketika mengunjungi tempat tersebut. Nah ini nih yang dimaksud wisata legenda di Indonesia. Sebuah tempat wisata yang memiliki cerita unik pada zaman dahulu kala, namun tidak dapat diprediksi benar atau tidak nya cerita tersebut. 

Wisata legenda di Indonesia selalu memiliki mitos-mitos tersendiri. Bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi, mungkin sudah tidak asing lagi terhadap mitos-mitos yang dimiliki tempat tersebut. Bahkan banyak warga yang dijadikan narasumber wisatawan dan diminta menceritakan tentang legenda yang terkandung di tempat wisata tersebut.

Hal yang menarik ketika mengunjungi wisata legenda adalah ketika mengetahui legenda yang dikandung, lalu mengunjungi tempat dimana peristiwa itu terjadi. Wisatawan dapat membayangkan bagaimana peristiwa itu terjadi, meskipun kebenarannya belum tentu akurat. Selain dapat berlibur, anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Indonesia. 

Jika anda mulai tertarik terhadap tempat-tempat yang memiliki legenda, yuk simak beberapa wisata legenda Indonesia di bawah ini.

 

 

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata yang pertama yaitu gunung Tangkuban Perahu yang berlokasi di Lembang, Bandung Barat. Legenda Gunung Tangkuban Perahu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Karena sudah banyak acara-acara di TV yang memproduksi cerita Gunung Tangkuban Perahu ini. 

Cerita dimulai dari seorang putri kerajaan bernama Dayang Sumbi yang menikahi seekor anjing bernama Tumang karena sumpahnya sendiri. Dayang Sumbi melahirkan anak yang bernama Sangkuriang. Suatu hari Dayang sumbi meminta Sangkuriang untuk membawakan hati Rusa untuk makanan mereka. Si Tumang selalu ikut ketika Sangkuriang berburu, ketika Sangkuriang memanah Rusa, panah tersebut mengenai si Tumang ayah nya sendiri. Akibatnya Sangkuriang diusir oleh Dayang Sumbi. 

Beranjak dewasa, Sangkuriang tumbuh menjadi seorang laki-laki yang kuat. Suatu hari, dia bertemu dengan Dayang Sumbi. Pertemuannya dengan Dayang Sumbi membuat Sangkuriang jatuh cinta pada ibunya sendiri karena kecantikan yang tidak pernah pudar. Dayang Sumbi tidak berubah sama sekali, dia tetap cantik layaknya anak muda seusia Sangkuriang. Sangkuriang tidak mengetahui jika wanita yang sedang dicintainya merupakan ibunya sendiri. 

Karena Dayang Sumbi sangat mengenali anaknya itu, Dayang sumbi tidak ingin menikah dengan Sangkuriang. Dayang Sumbi memberikan syarat untuk membuat sebuah bendungan dan sebuah perahu untuk mereka berlayar setelah menikah nanti dalam waktu satu malam. Dayang Sumbi yakin jika Sangkuriang tidak akan bisa memenuhi persyaratannya. Namun di luar dugaannya, dengan kekuatannya Sangkuriang hampir menyelesaikan persyaratannya. Karena Dayang Sumbi khawatir, ia menggagalkan pekerjaan Sangkuriang. Dayang Sumbi mengelabui Sangkuriang dengan membuat seakan-akan hari telah berganti. 

Karena merasa gagal, Sangkuriang menendang perahu yang sedang dia buat. Perahu tersebut terbalik, kemudian menimpa dirinya sendiri. Sehingga menjadi sebuah gunung yang kini menjadi tempat wisata populer di Bandung.

 

Danau Toba di Sumatera

Berbeda dengan Gunung Tangkuban Perahu, Danau Toba dilegendakan dengan seorang nelayan yang berhasil menangkap seorang ikan mas yang sebetulnya merupakan seorang putri ikan yang sangat cantik. Suatu hari Nelayan itu mengetahui jika ikan itu adalah seorang putri yang sangat cantik, akhirnya dia menikah dengan putri tersebut dan melahirkan seorang anak yang bernama Samosir.

Suatu hari Samosir membuat ayahnya si Nelayan itu marah, sehingga tidak sengaja menyebutkan jika anaknya adalah anak dari seorang ikan. Nelayan itu akhirnya mengatakan hal yang sudah menjadi perjanjian bahwa dia tidak akan mengatakannya kepada siapapun. Karena kejadian itu, putri ikan membawa Samosir pergi menuju sungai, mereka melompat ke sungai tersebut. Selang beberapa waktu, banjir besar datang melanda desa itu. Sehingga desa tersebut tenggelam dan menjadi sebuah danau yang sekarang disebut Danau Toba.

 

Candi Prambanan di Yogyakarta

Legenda yang terkandung di Candi Prambanan hampir sama dengan cerita Tangkuban Perahu, kali ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso yang ingin menikahi Roro Jonggrang. Lagi-lagi Roro Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso. 

Seribu candi dalam satu malam, itulah syarat yang diberikan Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso pun menyetujuinya, dia mendapat bantuan dari jin sehingga candi hampir saja terselesaikan. Namun Roro Jonggrang berusaha menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso, ketika Bandung Bondowoso mengetahui jika Roro Jonggrang ingin mengacaukan semuanya, dia marah dan mengutuk Roro Jonggrang sehingga menjadi candi yang keseribu. Tuntas lah sudah 999 candi dan satu candi yaitu Roro Jonggrang yang menjadi batu.

Ada mitos, jika seseorang yang belum menikah dan masuk sebuah ruangan di kawasan Candi Prambanan akan mendapat kutukan yang sama seperti Roro Jonggrang. Yaitu akan gagal menikah atau tidak akan memiliki jodoh. Tapi jangan takut, toh itu cuman mitos saja. Karena takdir itu ada ditangan tuhan.

 

Pantai Air Manis

Selanjutnya ada Pantai Air Manis yang berlokasi di Padang. Pantai Air Manis memiliki legenda yang sudah terkenal dimana – mana, yaitu Legenda Malin Kundang. Siapa sih yang tidak tahu legenda ini? yakni seorang anak yang durhaka kepada Ibunya, karena murka seorang ibu, akhirnya terucaplah kata-kata yang tidak boleh diucapkan seorang ibu ketika marah. Malin Kundang menjadi batu bersama beberapa perlengkapan kapalnya. 

Entah benar adanya atau tidak, namun yang pasti sumpah seorang ibu akan menjadi kenyataan kepada anaknya. Maka dari itu, untuk seorang anak tidak boleh durhaka kepada orang tua dan sayangilah mereka seperti mereka menyayangi kita. Karena doa orang tua selalu dikabulkan oleh tuhan. 

Legenda ini memiliki pesan tersirat yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang mengetahui ceritanya. Banyak pesan moral yang terkandung didalamnya. 

 

Batu Gantung, Sumatera

Masih tentang kisah cinta, Batu gantung ini menceritakan tentang seorang gadis cantik yang banyak dikagumi pemuda di desanya. Suatu hari kedua orang tuanya akan menjodohkan dia dengan sepupunya sendiri.

Namun gadis itu sudah memiliki lelaki idamannya sendiri, hingga di penghujung hidupnya, dia datang ke Danau Toba dan berniat untuk bunuh diri disana. ketika dia  sedang berjalan di tebing, dia terpeleset dan akhirnya terjatuh ke dalam lubang yang besar. Lalu dia mengatakan “ parapat-parapat “ sehingga batu menghimpit tubuhnya. Berakhir lah kisah gadis cantik itu.

Dan kini, tempat itu menjadi wisata legenda yang ramai dikunjungi. Jika anda pergi kesana, anda akan melihat sebuah batu gantung yang menyerupai wanita. Konon batu gantung itu adalah wujud dari gadis yang dihimpit batu.

Nah itulah wisata legenda indonesia yang paling populer dan menjadi perbincangan hangat yang tidak ada hentinya. Sebetulnya, masih banyak wisata legenda yang ada di Indonesia. Hanya saja alur ceritanya tidak begitu terkenal. Mungkin hanya orang-orang tertentu dan warga sekitar saja yang mengetahuinya. Atau mungkin ada beberapa tempat wisata yang kita ketahui tidak mengandung unsur legenda, namun ternyata memiliki legenda tersendiri yang tidak banyak diketahui orang-orang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *